Ice Plant, Sukulen yang Ramah Dengan Panasnya Jakarta

Updated: Aug 19


(Source: Pinterets)



LOFriends pernah tau tanaman yang punya nama lain Ice Plant? Itu loh tanaman dari genus Corpuscularia yang punya nama lain Delosperma. Yuk kenali apa itu Ice Plant!


Apa itu Ice Plant (Corpuscularia & Delosperma)?


Ice Plant adalah tanaman yang masuk ke dalam genus sukulen dari keluarga Aizoaceae. Di genus Corpuscularia hanya ada 2 spesies, yaitu Corpuscularia taylorii dan Corpuscularia lehmannii


(Corpuscularia taylorii, source: Google)


Di mana kah habitat endemik tanaman Ice Plant ini?


Tanaman jenis ini awalnya berasal dari Benua Afrika, tepatnya dari area Cape Town di Afrika Selatan. Seiring berjalannnya waktu, penyebarannya meluas hingga ke Indonesia dan negara lainnya.


Apakah Ice Plant memiliki ciri fisik yang unik dan khas?


Secara morfologi Corpuscularia adalah jenis sukulen dengan bentuk yang sangat unik di mana daun mereka mirip dengan pilar es yang ditumpuk sehingga membuat tanaman ini disebut Ice Plant.


Ciri khusus:


Corpuscularia taylorii:

  • Batang yang lebih panjang dan daun yang lebih panjang

  • Memiliki daun mirip dengan pilar es.

  • Tinggi maksimal sekitar 15-20 cm


Corpuscularia lehmannii:

  • Tumbuhnya cenderung berkelompok seperti tumpukan daun.

  • Memiliki daun mirip dengan pilar es.

  • Tinggi maksimal sekitar 15-20 cm

(Corpuscularia lehmannii, source: Pinterest)


Karena dua tanaman ini tidak bisa tumbuh terlalu tinggi maka tanaman ini sangat cocok untuk teman-teman yang ingin hiasan kecil di pinggir jendela.


Untuk teman-teman yang memiliki furry friends atau peliharaan, kalian juga bisa tenang untuk meletakkan Corpuscularia dekat mereka karena sukulen jenis ini adalah satu dari beberapa jenis sukulen yang tidak beracun untuk binatang peliharaan atau manusia.


Cara Merawat Ice Plant


Seperti semua sukulen dan kaktus lainnya, walaupun Corpuscularia terlihat unik, mereka cenderung sangat mudah untuk dirawat, terutama bagi pemula yang baru mau mencoba merawat sukulen atau kaktus dengan bentuk unik. Pas banget nih buat LOFriends yang baru mau mencoba merawat tanaman hias.


Mereka tidak terlalu sensitif dengan temperatur sehingga cukup mudah untuk dirawat di daerah panas seperti Jakarta.


Untuk kriteria cahaya, mereka sama dengan kaktus dan sukulen lain. Pastikan mereka mendapatkan cahaya yang cukup. Di pinggir jendela yang terpapar sinar matahari adalah tempat paling optimal untuk mereka.


Penyiraman cukup dilakukan ketika media sudah kering total. Pastikan media tanam sudah kering sampai bagian bawah pot baru disiram kembali.


LOFriends bisa cek video IGTV kami tentang watering untuk melihat bagaimana cara penyiraman yang benar untuk tanaman indoor dan bisa juga cek Tokopedia: LOF Plants untuk membeli tanaman hias lainnya ya.





0 comments