Tidak Semua Calathea yang Dijual di Pasaran adalah Calathea.

Updated: Aug 19, 2021


(Source: Pinterest)

Kami mau tanya nih sama LOFriends, apa kalian tau sebenernya Calathea itu kayak gimana? Dan apa kalian yakin yang dijual di pasaran beneran Calathea?


Tau nggak sih LOFriends, banyak tanaman-tanaman yang sekarang beredar di pasar tanaman hias di Indonesia dinamakan dengan nama Calathea padahal sebenarnya ada banyak yang bukan Calathea.


Di Plant Of The Day hari ini, kami ingin memperkenalkan 3 genus tanaman yang mirip, tapi tidak sama dengan Calathea.


Lalu kenapa tanaman yang bukan Calathea banyak dibilang Calathea?


Calathea masuk di Famili yang bernama Marantaceae di mana ada banyak genus tanaman lain yang masih satu keluarga.


Marantaceae merupakan salah satu suku dalam Zingiberales yang terdiri atas 31 genus dan 550 spesies. Marantaceae di Papua terdapat dua genus, yaitu Donax dan Phrynium. Spesies Marantaceae umum dijumpai di kawasan pantai utara Kabupaten Manokwari.


Banyak orang salah paham dengan genus Stromanthe, Maranta, dan Ctenanthe sering disebut sebagai Calathea.


Lalu perbedaan mendasar dari genus yang mirip Calathea apa?


Ada beberapa perbedaan mendasar yang bisa kita lihat dari tanaman tanaman yang mirip dengan Calathea. Yuk kita lihat satu per satu penjelasannya:


1. Stromanthe:


(Source: Pinterest)

Stromanthe yang paling dikenal sebagai tanaman hias adalah Stromanthe triostar atau Stromanthe sanguinea. Warna daunnya yang seperti lukisan dengan warna ungu, pink, dan putih merupakan daya tarik utama mereka. Bentuk daun Stromanthe kurus panjang dengan tekstur halus mengkilat.


2. Maranta:


(Source: Pinterest)


Sering dikenal dengan nama Prayer Plant. Tanaman-tanaman di genus Maranta ini mempunyai karakteristik di mana daunnya terlihat naik waktu malam hari dan kembali pada waktu siang hari melalui proses bernama Nyctinasty.


Bentuk daun Maranta cenderung oval dan mereka tumbuh dekat dengan tanah sehingga terkesan seperti menjalar.


Spesies yang sering beredar sebagai tanaman hias salah satunya adalah Maranta leuconera.


3. Ctenanthe:


(Source: Pinterest)


Nama lain tanaman ini adalah Never-never plant. Dibandingkan dengan teman-temannya, Stromanthe, Maranta, dan Calathea, Ctenanthe memiliki pola tumbuh yang agak berbeda. Daun-daun mereka tumbuh di atas batang yang bisa tumbuh tinggi sehingga terkesan seperti payung.


Spesies yang sering kita lihat sebagai tanaman hias di antaranya adalah Ctenanthe burle-marxii dan Ctenanthe oppenheimiana.


Dan nomor yang ke-4 diisi untuk Calathea sendiri sebagai genus yang membuat orang salah kira.


4. Calathea:




Tanaman di genus Calathea memiliki berbagai macam bentuk dan motif daun yang menarik.


Sama seperti Maranta, beberapa jenis Calathea juga memiliki daun yang pada malam hari terangkat dan kembali ke bentuk semula pada siang hari. Namun, untuk jenis Calathea, pergerakan daunnya terlihat tidak terlalu signifikan.


Biasanya nama umum “Prayer Plant” lebih menunjuk ke tanaman genus Maranta dibanding Calathea.


Pola tumbuh Calathea terlihat menyebar sehingga terkesan lebih rapih dibanding Maranta yang terkesan pertumbuhannya menjalar.

Spesies Calathea yang sering dikenal sebagai tanaman hias di antaranya adalah Calathea makoyana dan Calathea orbifolia.


Gimana LOFriends sejauh ini sudah bisa membedakan dong mana Calathea dan mana yang bukan? Kalau yang LOFriends rawat di rumah termasuk genus Calathea atau bukan?


Kalau LOFriends ada yang penasaran untuk merawat Calathea ataupun 3 tanaman yang mirip Calathea lainnya, bisa loh mampir ke Tokopedia LOFplants atau bisa juga langsung liat tanamannya di LOF Cipete dan Ranch Masket PIM3.


Semoga informasinya membantu :)




0 comments