Plant Of The Day: Mutiara hijau, / String Of Pearls yang unik

Updated: Aug 19



(Source: Pinterest)


LOFriends, ada yang tau tanaman di atas?

Yup ini Sukulen Tasbih atau nama kerennya String of Pearls, dengan nama latin Senecio rowleyanus. Yuk LOFriends kenali lebih dalam tentang tanaman ini, mulai dari asal usul, ciri ciri, hingga cara merawatnya.


Asal usul dari Senecio rowleyanus / String Of Pearls

Curio rowleyanus atau Senecio rowleyanus adalah tanaman sukulen berbunga dari keluarga Asteraceae (keluarga bunga daisy).


Tanaman ini memiliki habitat endemik, yaitu daerah gurun di Afrika. Di habitat aslinya mereka tumbuh di tanah seperti karpet.

(foto)


Nama latin dari Sukulen Tasbih sendiri berasal dari nama belakang penemunya, Gordon Douglas Rowley, ahli kaktus dan sukulen dari Inggris.

(foto douglas rowley)


Klasifikasi Senecio rowleyanus String of Pearls.


  • Kerajaan: Plantae

  • (tanpa takson): Angiospermae

  • (tanpa takson): Eudicots

  • Ordo: Asterales

  • Famili : Asteraceae

  • Genus: Senecio

  • Spesies: Senecio rowleyanus


Morfologi dan ciri fisik dari Senecio rowleyanus / String Of Pearls.



(Source: Pinterest)


Sukulen Tasbih atau Senecio rowleyanus memiliki bentuk daun yang unik, seperti mutiara kecil. Hal tersebut adalah bentuk adaptasi tanaman ini terhadap lingkungan mereka yang kurang kondusif.


Untuk mengurangi penguapan di habitat asli mereka yang kering, bentuk daun mereka bulat sehingga permukaan daun lebih kecil daripada bentuk daun pada umumnya.


Pola tumbuh mereka aslinya adalah merambat di tanah menyerupai karpet alami dengan akar yang tumbuh dari dekat daun hingga menyentuh tanah.


Sebagai tanaman hias, Sukulen Tasbih atau Senecio rowleyanus sering dipajang sebagai tanaman gantung dengan panjang maksimal sekitar 60-90 cm.



Cara merawat Senecio rowleyanus / String Of Pearls


Sama seperti jenis sukulen lainnya, String of Pearls atau Senecio rowleyanus membutuhkan media tanam yang poros dan sinar matahari yang cukup agar tumbuh optimal.


Tanaman ini seharusnya cukup mudah untuk dirawat di daerah pegunungan, seperti di daerah Puncak dan Bandung, tapi termasuk tanaman yang “rewel” untuk dirawat di Jakarta.


Hal yang menjadi salah satu kendala mengapa String of Pearls sulit untuk dirawat dan dibesarkan di Jakarta adalah faktor suhu.


Tanaman ini menyukai tempat yang terang dengan temperatur yang sedikit rendah (sekitar 20 C). Pastikan mereka ada di tempat yang terang, seperti di pinggir jendela tapi tidak panas seperti di dalam ruangan ber-AC


Untuk frekuensi pengairan, pastikan media sudah cukup kering sebelum menyiram. Pastikan juga media yang dipakai cukup poros.


Media untuk kaktus dan sukulen adalah media yang paling optimal untuk mereka. String of Pearls rentan dengan overwatering atau kelebihan air sehingga akar mudah busuk. Akan tetapi, kekurangan air juga akan mengakibatkan daun mereka menciut atau menyusut dan akan sulit untuk mengembalikan daun yang sudah menyusut ke keadaan semula.


Untuk LOFriends yang penasaran ingin mencoba merawat String of Pearls atau Senecio rowleyanus, bisa langsung datang ke LOF Cipete dan PIM3 (Ranch Market) atau bisa beli lewat Tokopedia kami.


0 comments