Plant Talk: Philodendron Pink Congo Controversy

Updated: Aug 19


(Source:Pinterest)


LOFriends pasti banyak yang suka dengan tanaman berwarna pink yang warnanya cerah dan lucu ini. Yup, tanaman Syngonium "pink allusion" atau pink perfection dapat memberikan aksen warna yang cantik untuk di pojok hijau kita.


Akan tetapi, mungkin banyak dari kita terlalu senang dengan daun berwarna unik sehingga semua cara dilakukan untuk mendapatkan daun yang berwarna pink cerah.


Begitulah kasusnya dengan tanaman yang kita kenal dengan Philodendron "Pink Congo", tapi sebelumnya LOFriends cari tahu dulu yuk fakta di balik tanaman ini.


Apa itu Philodendron Pink Congo?

Philodendron Pink Congo merupakan salah satu “Kultivar” dari tanaman Philodendron tatei, atau lebih dikenal dengan nama komersilnya Philodendron Congo.


Philodendron Pink Congo memiliki daun yang warnanya pink cerah ketika baru keluar dan nantinya daun akan berubah menjadi warna hijau biasa.


The Controversy

Lalu apa yang membedakan Pink Congo dengan Philodendron lain yang warnanya juga berubah ketika daun menua seperti Philodendron Red Congo atau Philodendron Prince of Orange?


(Source:Pinterest)


Seperti di gambar, Philodendron dengan daun berwarna cerah seperti Prince of Orange juga akan menjadi hijau setelah dewasa, tapi perubahannya secara menyeluruh, tidak seperti Philodendron Pink Congo yang perubahannya menjadi hijau terlihat seperti dilukis.


(Source:Pinterest)



Hal inilah yang menyebabkan adanya pertanyaan, apakah Philodendron Pink Congo memang Kultivar silangan baru seperti Philodendron Pink Princess atau ada pihak yang memang memberikan zat-zat tertentu?


Jawabannya adalah ketika tanaman diberikan zat-zat kimia untuk mengubah warna, warna tersebut suatu saat akan menghilang.


Metode obat untuk merubah warna biasanya digunakan oleh industri dekorasi event untuk memberikan kesan warna yang indah saat acara.


Jadi, kasus yang terjadi dengan Philodendron Pink Congo adalah tanaman ini BUKAN Kultivar silangan baru.


Philodendron Pink Congo adalah tanaman Philodendron Congo biasa yang diberikan zat-zat kimia agar daun barunya keluar berwarna pink.


Zat kimia yang ada di tanaman akan habis setelah jangka waktu tertentu sehingga warna pink yang keluar akan semakin sedikit sampai akhirnya menghilang.


Apa kontroversi dari Philodendron Pink Congo?

Apakah salah untuk menjual tanaman yang diberikan zat kimia untuk mengeluarkan warna?


Sebenarnya tidak, yang menjadikan Philodendron Pink Congo menjadi skandal dunia tanaman hias adalah ketika penjual tanaman menjual Philodendron Pink Congo dengan harga yang menyaingi sepupunya, Philodendron Pink Princess padahal Pink Congo sebenarnya adalah tanaman Congo biasa.


Banyak juga penjual tanaman yang tidak memberikan informasi bahwa warna pink di tanaman ini akan hilang setelah jangka waktu tertentu.


Poin yang ingin kami sampaikan untuk LOFriends semua adalah kenali dulu jenis tanaman, progress pertumbuhannya yang ingin dibeli dan dirawat.


Semoga artikel ini bisa membantu LOFriends untuk mengerti lebih. Ciao




0 comments